Menu

Mode Gelap
Breaking News: Kantor Dinsos Bolmong Digeledah Menjelang hari Lebaran, 1 Terpidana Korupsi, Dieksekusi oleh Kejari Kotamobagu Seriusi Dugaan Korupsi di RSUD Datoe Binangkang, Dirut Enggan Bicara Si Jago Merah Ludeskan Mapolres Kotamobagu Lakalantas di Kaidipang, 1 Tewas 3 Luka-Luka

Berita Utama · 23 Mei 2021 18:20 WITA

Pendakian Gunung Semeru Segera Dibuka Lagi, Ini Syarat-Syaratnya


 Copyright 
amazingmalang.id Perbesar

Copyright amazingmalang.id

KANALKOTA.com – Salah satu objek wisata populer bagi para hiker, Gunung Semeru masih menutup jalur pendakian hingga Minggu, 23 Mei 2021. Namun, kuota pendakian bakal ditambah dan dibuka lagi sejak Senin, 24 Mei 2021.

Melalui akun media sosialnya, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menjelaskan bahwa kuota pendakian Gunung Semeru yang tersedia adalah 50 persen, yaitu 300 orang per hari.

Dari situ, pihaknya masih membagi lagi kategori kuota pendakian. Sebanyak 150 orang per hari untuk pendakian reguler dan kuota pendakian reschedule mencapai 170 orang setiap hari.

“Pembukaan kuota harian dilakukan secara berkala setiap satu bulan sekali, selambat-lambatnya satu minggu sebelum pergantian bulan,” tulisnya.

Kebijakan Terkait Reschedule Pendakian

Soal pendakian reschedule, pendaki boleh melakukannya jika gagal mendaki pada 2019 karena kebijakan penutupan akibat kebakaran hutan, kebijakan penutupan pandemi dan erupsi tahun 2020, dan kebijakan penutupan Lebaran 2021.

Pada ketentuan ini, pendaki dapat mengganti ketua dan sejumlah anggota, kecuali satu orang (orang tersebut bisa ketua maupun anggota). Sebagai catatan, reschedule hanya dapat dilakukan satu kali saja.

Menyesuaikan protokol kesehatan, pendakian dilaksanakan dalam kelompok 4–7 orang. Kurang dari jumlah itu, pendaki akan diminta reschedule atau bergabung dengan kelompok lain.

Batas lama pendakian Gunung Semeru, yaitu tiga hari dua malam. Batas akhir penjadwalan ulang sampai 31 Desember 2021, dan permintaan ini dapat diakses melalui tautan reschedule.bromotenggersemeru.org.

Alur Rechedule Online

Buat penjadwalan ulang, pendaki bisa mengakses situs resmi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Akses reschedule.bromotenggersemeru.org.
  • Masukkan kode booking pada kolom pencarian yang tersedia. Setelahnya, masukkan email dan nomor handphone yang didaftarkan saat bookine online sebelumnya.
  • Baca syarat dan ketentuannya secara teliti. Setelah itu, pilih ‘Setuju’, dan klik ‘Submit‘.
  • Selanjutnya, calon pendaki diminta memilih bulan dan tanggal pendakian yang diinginkan.
  • Lalu, klik angka pada kolom kuota pendakian untuk melanjutkan proses registrasi. Angka yang tertera di sana merupakan sisa kuota pada tanggal terpilih.
  • Isi data ketua kelompok. Jika ingin ada anggota kelompok yang diganti, klik gambar pensil di laman tersebut. Setelah semua data dianggap benar, klik ‘Kirim’.
  • Cetak bukti reschedule sebanyak dua rangkap. Nantinya bukti tersebut akan diserahkan pada petugas loket Ranupani di hari pendakian.

Demikian informasi-informasi yang perlu Anda ketahui tentang pendakian di Gunung Semeru sesudah libur Lebaran 2021.
Sumber: Liputan6.com

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Peringati Hari Diabetes Sedunia, Dinkes Bolmong Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis

25 Desember 2023 - 21:32 WITA

Peringati Hari Diabetes Sedunia, Dinkes Bolmong Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis

Dinkes Bolmong Sambut Tim Visitasi Pemprov Sulut di RS Pratama Dumoga

25 Desember 2023 - 21:32 WITA

Dinkes Bolmong Sambut Tim Visitasi Pemprov Sulut di RS Pratama Dumoga

Dinkes Bolmong Melalui Puskesmas Pangian Terus Mantapkan Akreditasi

25 Desember 2023 - 21:09 WITA

Hasil Reses, DPRD Bolmong Gelar Paripurna

18 Desember 2023 - 20:51 WITA

PJ Bupati Bolmong Limi Mokodompit resmi buka Kegiatan Jambore Pemuda KNPI Bolmong

8 November 2023 - 20:37 WITA

Limi Mokodompit Hadiri Rakor Kepala Daerah se-Indonesia Bersama Presiden RI Jokowi Dodo

30 Oktober 2023 - 22:00 WITA

Jokowi Dodo
Trending di Berita