Menu

Mode Gelap
Breaking News: Kantor Dinsos Bolmong Digeledah Menjelang hari Lebaran, 1 Terpidana Korupsi, Dieksekusi oleh Kejari Kotamobagu Seriusi Dugaan Korupsi di RSUD Datoe Binangkang, Dirut Enggan Bicara Si Jago Merah Ludeskan Mapolres Kotamobagu Lakalantas di Kaidipang, 1 Tewas 3 Luka-Luka

Kanal Kotamobagu · 5 Sep 2022 17:52 WITA

Pemkot Kotamobagu Gelar Bimtek Penyusunan Metadata Statistik Sektoral


 Pemkot Kotamobagu Gelar Bimtek Penyusunan Metadata Statistik Sektoral Perbesar

KANAL KOTAMOBAGU – Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, membuka secara resmi bimbingan teknis (Bimtek) Penyusunan Metadata Statistik Sektoral, bertempat di Aula Kantor Wali Kota Kotamobagu, Senin 5 September 2022.

Kegiatan yang diinisiasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu ini turut menghadirkan Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai fasilitator.

Lewat sambutannya, Nayodo menyampaikan, di era digital seperti saat ini, kebutuhan akan data dan informasi sangat diperlukan.

“Saat ini banyak sekali kebutuhan akan data dan informasi, khususnya data statistik dan sektoral guna mensukseskan pembangunan,” kata Nayodo.

Lanjutnya, dengan adanya metadata, diharapkan bisa menjawab berbagai kebutuhan terkait data dan informasi.

“Sebab metadata adalah informasi dalam bentuk struktur dan format baku untuk menggambarkan data, menjelajah data, serta dapat memudahkan pencarian pembangunan dan informasi data,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan, bahwa saat ini, Pemkot Kotamobagu lewat Diskominfo telah menyiapkan satu data Kotamobagu, yang telah terintegrasi dengan aplikasi yang dimiliki oleh BPS.

“Data ini digunakan sebagai fasilitas ukuran data dari perangkat daerah yang digunakan oleh instansi yang ada di Pemkot Kotamobagu,” terangnya.

Mengingat pentingnya kegiatan, Nayodo meminta seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan dengan  baik.

“Ikuti kegiatan ini sebaik mungkin, sehingga apa yang disampaikan oleh para narasumber bisa dipahami, dan diimplementasikan dalam pelaksanaan satu data indonesia dan satu data kotamobagu, di lingkungan pemerintah daerah kotamobagu,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan, para pimpinan OPD serta operator OPD, sebagai penanggung jawab data yang ada di masing – masing instansi internal Pemkot Kotamobagu. (arm)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Kepala Dinas PUPR Teken Kontrak Pekerjaan Konstruksi Kantor Kejari Kotamobagu 

31 Mei 2024 - 07:20 WITA

Pemkot Kotamobagu Utus Dua Siswa Ikut Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Provinsi  

30 Mei 2024 - 17:18 WITA

Dinas PUPR Kota Kotamobagu Lakukan PHO Terhadap Tiga Paket Peningkatan Jalan Tahun 2024

29 Mei 2024 - 13:13 WITA

Pemkot Kotamobagu Kembali Raih Opini WTP ke-11 dari BPK Perwakilan Sulut

28 Mei 2024 - 13:08 WITA

Pj Wali Kota Pimpin Upacara Peringatan HUT Kotamobagu dan HKN ke 166 tahun

27 Mei 2024 - 13:04 WITA

Pj Wali Kota Hadiri Rapat Paripurna Tingkat II DPRD Kota Kotamobagu

22 Mei 2024 - 07:00 WITA

Trending di Kanal Kotamobagu