Menu

Mode Gelap
Breaking News: Kantor Dinsos Bolmong Digeledah Menjelang hari Lebaran, 1 Terpidana Korupsi, Dieksekusi oleh Kejari Kotamobagu Seriusi Dugaan Korupsi di RSUD Datoe Binangkang, Dirut Enggan Bicara Si Jago Merah Ludeskan Mapolres Kotamobagu Lakalantas di Kaidipang, 1 Tewas 3 Luka-Luka

Kanal Kotamobagu · 5 Okt 2022 16:40 WITA

Panitia Penyelenggara Tingkat Desa Pontodon Timur Dibekali Bimtek Jelang Pilkades


 Panitia Penyelenggara Tingkat Desa Pontodon Timur Dibekali Bimtek Jelang Pilkades Perbesar

KANAL KOTAMOBAGU– Upaya mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 15 desa di Kota Kotamobagu turut menjadi atensi Pemerintah Desa (Pemdes) Pontodon Timur.

Hal ini dibuktikan dengan digelarnya Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Panitia Pilkades dan Pembantu Panitia tingkat desa sekaligus Aparat Desa setempat, Rabu 5 Oktober 2022.

Kegiatan yang berlangsung di balai desa Pontodon Timur ini, dihadiri Kepala Dinas PMD Nasli Paputungan, Kabag Hukum Rendra Dilapanga serta Camat Kotamobagu Utara Edo Mopobela.

Kepala Dinas PMD, Nasli Paputungan berharap, dengan digelarnya bimtek tersebut, panitia penyelenggara tingkat desa akan mampu melaksanakan tugas dengan baik sebagaimana yang tertuang dalam Perwa Nomor 12 Tahun 2022 tentang pelaksanaan Pilkades.

“Diharapkan dapat bersama panitia yang dibentuk BPD untuk kemudian melaksanakan tugas dengan baik, sehingga dapat menghasilkan Pilkades di Desa Pontodon Timur baik, aman damai dan tidak terjadi hal-hal yang tentunya tidak diinginkan bersama,” harap Nasli.

Di kesempatan yang sama, Camat Kotamobagu Utara Edo Mopobela, memberikan apresiasi kepada Pemdes Pontodon Timur atas penyelenggaraan kegiatan yang dinilai sangat penting dan strategis ini.

“Bimtek dilaksanakan sangat perlu dan penting untuk memberikan pemahaman kepada penyelenggara Pilkades, baik PPS maupun pembantu PPS sehingga pada saat pelaksanaan pemungutan suara termasuk tahapan semuanya dilaksanakan sesuai regulasi,” ujar Edo.

Ia pun menilai, bimtek yang dilaksanakan juga sebagai bentuk antisipasi terhadap mekanisme pelaksanan Pilkades yang tidak sesuai regulasi hingga nantinya berpotensi pada konsekuensi persoalan hukum.

“Mengingat pentingnya kegiatan ini, olehnya saya berharap, desa-desa lain juga melaksanakan kegiatan yang sama untuk menambah wawasan dan pemahaman bagi pihak penyelenggara,” tuturnya.

Ia pun kembali menegaskan kepada seluruh panitia penyelenggara Pilkades di wilayah Kecamatan Kotamobagu Utara, agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai regulasi yang ada.

“Lakukan tugas dengan sebaik-baiknya, jangan melanggar aturan yang ada, jangan sampai ada keberpihakan, bersikap netral serta profesional sesuai dengan tupoksi yang ada,” tandasnya.

Sementara, Kepala Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pontodon Timur, Abdul Marham Koikit, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh narasumber yang telah hadir sekaligus memberikan materi seputar pelaksanaan Pilkades.

“Terima kasih untuk Pak Kadis PMD, Pak Camat Kotamobagu Utara dan Pak Kabag Hukum atas waktunya memberikan bimbingan teknis kepada seluruh pembantu panitia Pilkades yang baru dibentuk,” ucap Olam sapaan akrabnya.

Sama halnya dengan para narasumber, dirinya juga berharap, lewat Bimtek yang digelar bisa menambah pengetahuan bagi seluruh panitia Pilkades dalam proses pelaksanaannya nanti.

“Harapannya seluruh Pembantu PPS ini dapat bekerja secara jujur adil dan demokratis, agar nanti menghasilkan Kepala desa Pontodon Timur yang amanah, adil dan aspiratif. Inggai don Kita Komintan Molukad Kon Keamanan Lipu,” pungkasnya. (arm)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Dinsos Kotamobagu Serahkan Bantuan dari Kemensos RI

6 Mei 2024 - 12:30 WITA

Pj Walikota Kotamobagu Sampaikan Pesan Ini Kepada Warga Desa Bilalang Satu Saat Hadiri Halal bi Halal

4 Mei 2024 - 17:28 WITA

Dinas PUPR Kota Kotamobagu Gelar Sosialisasi Program Pengembangan Sistem Air Limbah Domestik 

3 Mei 2024 - 15:25 WITA

Asisten I Pemkot Kotamobagu Hadiri Halal Bi Halal Desa Bilalang Dua

2 Mei 2024 - 17:22 WITA

Pj Walikota Kotamobagu Ikut Evaluasi Kinerja Pejabat Kepala Daerah

30 April 2024 - 08:28 WITA

Sudah Kantongi Izin, Pemkot Kotamobagu Akan Gelar Nobar Semifinal Piala Asia U-23 di Alun-alun Boki Hontinimbang 

29 April 2024 - 13:11 WITA

Trending di Kanal Kotamobagu