Menu

Mode Gelap

Kota Kotamobagu Terpilih Dalam Program Smart City

Editor:
Kamis, 9 Juni 2022, 18:47 WITA

Kota Kotamobagu Terpilih Dalam Program Smart CityPerbesar

KANAL KOTAMOBAGU – Satu lagi prestasi tingkat nasional ditorehkan Kota Kotamobagu. Dimana kota dengan julukan Kota Jasa ini terpilih bersama 50 Kabupaten/Kota se Indonesia dalam Gerakan Menuju Smart City Tahun 2023 oleh Tim Assesment Pemerintah Pusat.

Hal ini menyusul Surat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor B-349/DJAI/AI.01.02/06/2022 tanggal 3 Juni 2022, perihal Penyampaian Hasil Asesmen Gerakan Menuju Smart City tahun 2023.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kotamobagu, Mohamad Fahri Damopolii, S.Kom., ME., saat diklarifikasi membenarkan hal ini.

“Alhamdulillah Kota Kotamobagu terpilih masuk dalam program Gerakan Menuju Smart City Tahun 2023 setelah dilakukan assessment oleh pemerintah pusat pada bulan April lalu. Ini kebanggaan bagi kami karena selain proses penilaiannya yang cukup ketat, ini juga menandakan bahwa pengembangan Kota Kotamobagu menuju Kota Cerdas yang dicanangkan Ibu Wali Kota Ir Tatong Bara beberapa waktu lalu, secara bertahap mulai membuahkan hasil,” ujar Fahri.

Menurut Fahri, selain penilaiannya yang harus memenuhi berbagai indikator Kota Cerdas yang dipersyaratkan, Kota Kotamobagu juga harus bersaing dengan 157 kabupaten/kota se-indonesia yang diundang dalam assessment.

“Proses penilaian dan persaingannya cukup ketat. Setiap Pemerintah Daerah harus melakukan pengisian kuisioner meliputi berbagai indikator Kota Cerdas, menyiapkan bahan presentasi terkait pengembangan smart city di daerahnya, menyiapkan dokumen pendukung yang dapat dibuktikan, dan mengikuti tahap verifikasi dan wawancara bersama tim dari pemerintah pusat,” ujar Fahri.

Dengan terpilihnya Kota Kotamobagu dalam Gerakan Menuju Smart City, maka Kota Kotamobagu akan mendapatkan berbagai fasilitas serta pendampingan langsung dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Kota Kotamobagu akan mendapatkan pendampingan langsung dari Kementerian Kominfo dalam pengembangan Smart City, terutama dalam penyusunan masterplan smart city. Saat ini kami sedang mempersiapkan draft MoU-nya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Fahri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ibu Wali Kota atas dukungan penuhnya dalam pengembangan smart city di Kota Kotamobagu.

“Peran besar Ibu Wali Kota Ir. Hj. Tatong Bara menjadi kunci penting atas terpilihnya Kota Kotamobagu dalam Gerakan Menuju Smart City ini. Pada saat verifikasi dan wawancara dengan tim penilai dari pemerintah pusat, ibu wali tetap memaksakan ikut hadir dalam zoom meeting meski saat itu sedang berada di dalam mobil dalam perjalanan melaksanakan tugas di luar daerah. ini wujud perhatian, dukungan dan komitmen Ibu wali dalam pengembangan kota cerdas di Kota Kotamobagu,” tutupnya. (man)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Berita Lainnya

Pj Wali Kota Kotamobagu Hadiri Pelepasan Logistik Pemilu 2024 

13 Februari 2024 - 17:49 WITA

Pemkot Kotamobagu Menggelar Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah

12 Februari 2024 - 19:46 WITA

Asripan Nani Hadiri Apel Siaga Kesiapan Masa Tenang Pemilu 2024

10 Februari 2024 - 17:44 WITA

Asripan Nani Didampingi Ketua TP PKK Hadiri Perayaan Tahun Baru Imlek 2024 di Kotamobagu

9 Februari 2024 - 19:41 WITA

Untuk Mendukung Lancarnya Distribusi Logistik Pemilu 2024, Bawaslu Kota Kotamobagu Gelar Rakor

8 Februari 2024 - 19:13 WITA

Asripan Nani Audiens Bersama Jasa Asuransi dan Dana Pensiun, Asdep Asuransi Kementerian BUMN RI

7 Februari 2024 - 17:38 WITA

Trending diKanal Kotamobagu