Menu

Mode Gelap

Kendaraan AKDP Wajib Masuk Terminal Bonawang

Editor:
Selasa, 13 September 2022, 15:21 WITA

Kendaraan AKDP Wajib Masuk Terminal BonawangPerbesar

KANAL KOTAMOBAGU – Seluruh kendaraan penumpang umum, khususnya Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang beroperasi di wilayah Kota kotamobagu, wajib menaikkan dan menurunkan penumpang di terminal Bonawang Kelurahan Mongkonai, sebagaimana yang menjadi fungsi dari terminal tipe B.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Kotamobagu, Drs, Usmar Mamonto, hal tersebut sebagaimana yang menjadi ketentuan Pasal 24 Ayat (4) Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Nomor 24 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.

“Pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 24 Tahun 2021, khususnya pada pasal 24 ayat (4) bahwa terminal penumpang tipe B merupakan terminal yang fungsi utamanya melayani kendaraan umum untuk angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP), dan Terminal Bonawang adalah terminal tipe B,” tegasnya.

Dirinya juga meminta kepada seluruh kendaraan penumpang AKDP untuk tidak menaikkan dan menurunkan penumpang di luar area terminal tipe B Bonawang.

“Tidak dibenarkan bagi kendaraan penumpang AKDP untuk menaikkan dan menurunkan penumpang di luar area terminal Bonawang, semua aktivitas kendaraan penumpang umum AKDP harus dilakukan di area terminal, karena sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, fungsi terminal itu adalah pangkalan kendaraan umum yang digunakan untuk mengatur kedatangan dan keberangkatan, menaikkan dan menurunkan orang dan atau barang, serta perpindahan moda angkutan,” ujarnya.

Untuk itu Usmar kembali meminta pemilik dan pengemudi angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP) di wilayah Kota Kotamobagu untuk segera masuk dan menempati Terminal Bonawang Mongkonai.

“Manfaatkanlah Terminal Bonawang yang memang diperuntukkan bagi Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), Terminal Serasi jelas adalah terminal tipe C yang diperuntukkan bagi angkutan dalam kota. Kami mohon kerjasamanya,” tandasnya. (arm)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Berita Lainnya

Pj Wali Kota Kotamobagu Hadiri Pelepasan Logistik Pemilu 2024 

13 Februari 2024 - 17:49 WITA

Pemkot Kotamobagu Menggelar Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah

12 Februari 2024 - 19:46 WITA

Asripan Nani Hadiri Apel Siaga Kesiapan Masa Tenang Pemilu 2024

10 Februari 2024 - 17:44 WITA

Asripan Nani Didampingi Ketua TP PKK Hadiri Perayaan Tahun Baru Imlek 2024 di Kotamobagu

9 Februari 2024 - 19:41 WITA

Untuk Mendukung Lancarnya Distribusi Logistik Pemilu 2024, Bawaslu Kota Kotamobagu Gelar Rakor

8 Februari 2024 - 19:13 WITA

Asripan Nani Audiens Bersama Jasa Asuransi dan Dana Pensiun, Asdep Asuransi Kementerian BUMN RI

7 Februari 2024 - 17:38 WITA

Trending diKanal Kotamobagu