Menu

Mode Gelap
Breaking News: Kantor Dinsos Bolmong Digeledah Menjelang hari Lebaran, 1 Terpidana Korupsi, Dieksekusi oleh Kejari Kotamobagu Seriusi Dugaan Korupsi di RSUD Datoe Binangkang, Dirut Enggan Bicara Si Jago Merah Ludeskan Mapolres Kotamobagu Lakalantas di Kaidipang, 1 Tewas 3 Luka-Luka

Kanal Kotamobagu · 13 Sep 2022 15:21 WITA

Kendaraan AKDP Wajib Masuk Terminal Bonawang


 Kendaraan AKDP Wajib Masuk Terminal Bonawang Perbesar

KANAL KOTAMOBAGU – Seluruh kendaraan penumpang umum, khususnya Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang beroperasi di wilayah Kota kotamobagu, wajib menaikkan dan menurunkan penumpang di terminal Bonawang Kelurahan Mongkonai, sebagaimana yang menjadi fungsi dari terminal tipe B.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Kotamobagu, Drs, Usmar Mamonto, hal tersebut sebagaimana yang menjadi ketentuan Pasal 24 Ayat (4) Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Nomor 24 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.

“Pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 24 Tahun 2021, khususnya pada pasal 24 ayat (4) bahwa terminal penumpang tipe B merupakan terminal yang fungsi utamanya melayani kendaraan umum untuk angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP), dan Terminal Bonawang adalah terminal tipe B,” tegasnya.

Dirinya juga meminta kepada seluruh kendaraan penumpang AKDP untuk tidak menaikkan dan menurunkan penumpang di luar area terminal tipe B Bonawang.

“Tidak dibenarkan bagi kendaraan penumpang AKDP untuk menaikkan dan menurunkan penumpang di luar area terminal Bonawang, semua aktivitas kendaraan penumpang umum AKDP harus dilakukan di area terminal, karena sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, fungsi terminal itu adalah pangkalan kendaraan umum yang digunakan untuk mengatur kedatangan dan keberangkatan, menaikkan dan menurunkan orang dan atau barang, serta perpindahan moda angkutan,” ujarnya.

Untuk itu Usmar kembali meminta pemilik dan pengemudi angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP) di wilayah Kota Kotamobagu untuk segera masuk dan menempati Terminal Bonawang Mongkonai.

“Manfaatkanlah Terminal Bonawang yang memang diperuntukkan bagi Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), Terminal Serasi jelas adalah terminal tipe C yang diperuntukkan bagi angkutan dalam kota. Kami mohon kerjasamanya,” tandasnya. (arm)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Kajari Elwin Khahar Sambut Kedatangan Pj Bupati Jusnan Calemento Mokoginta

10 Juli 2024 - 18:53 WITA

DPC PDI Perjuangan Kota Kotamobagu dan Organisasi Sayap Partai Solid Dukung Meyddi Makalalag Calon Wali Kota

3 Juli 2024 - 22:32 WITA

Investasi di Kota Kotamobagu Hingga Juni 2024 Sudah Tembus Rp1,6 Triliun

28 Juni 2024 - 14:00 WITA

Proyek Rehabilitasi Eks Rudis Ilongkow Kotamobagu Selesai PHO

28 Juni 2024 - 13:28 WITA

Tim Asesor Beri Apresiasi Implementasi Smart City di Kota Kotamobagu Saat Proses Evaluasi

27 Juni 2024 - 22:57 WITA

Pj Wali Kota Kotamobagu Hadiri Rakor Kesiapan Pilkada Bersama Menkopolhukam

27 Juni 2024 - 07:43 WITA

Trending di Kanal Kotamobagu