Menu

Mode Gelap
Breaking News: Kantor Dinsos Bolmong Digeledah Menjelang hari Lebaran, 1 Terpidana Korupsi, Dieksekusi oleh Kejari Kotamobagu Seriusi Dugaan Korupsi di RSUD Datoe Binangkang, Dirut Enggan Bicara Si Jago Merah Ludeskan Mapolres Kotamobagu Lakalantas di Kaidipang, 1 Tewas 3 Luka-Luka

Berita · 4 Jul 2023 20:06 WITA

Sejumlah pejabat di Bolmong Pekan Depan Diperiksa


 Sejumlah pejabat di Bolmong Pekan Depan Diperiksa Perbesar

KANAL HUKRIM — Perkara dugaan penyelewengaan insentif pemuka agama Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terus diseriusi Kejaksaan Negeri Kotamobagu. Hal ini dibuktikan dengan dinaikannya pemeriksaan dari penyelidikan ke penyidikan oleh Jaksa.

Menariknya, pekan depan unit Pidana Khusus dibawah komando Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Chairul Firdaus Mokoginta, SH, akan menggilir pemeriksaan kepada sejumlah pejabat teras Pemkab Bolmong. “Kami sudah layangkan surat panggilan pemeriksaan kepada mereka,” ucap Kasi Pidsus, didampingi Kasi Intelijen, Selasa 04 Juli 2023.

Kasi Pidsus juga mengatakan, pemeriksaan tersebut yakni Kepala Bagian Kesra, Asisten III, dan Sekertaris Daerah Bolmong. “Pemeriksaan kepada ketiganya akan kami gilir mulai pekan depan,” kata mantan Kasi Pidsus Kejari Tomohon itu.

Diketahui, anggaran insentif pemuka agama bersumber dari APBD Bolmong 2021 itu, kurang lebih 400 juta dana yang diduga bermasalah. Berdasarkan data jumlah petugas agama yang tersebar di 200 desa dan 2 kelurahan berjumlah 1.274 orang. Setiap desa terdapat kurang lebih 4-5 orang petugas agama yang masuk daftar list penerima honor dan masing-masing petugas agama menerima 750 ribu.

Sehingga jika dihitung dua triwulan, setiap petugas agama harus menerima 1.5 juta rupiah. Namun, harapan para petugas agama untuk menikmati honor di akhir tahun itu pupus lantaran tidak sampai ke kantong mereka. (san)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Kasasi Jimmy Tambanua Ditolak, Mahkamah Agung Jatuhkan Pidana Hukuman Mati

4 Juli 2024 - 15:35 WITA

Beredar Pesan WA Bernada Ancaman, Kajari Elwin Khahar Tegaskan Hal Ini

18 Mei 2024 - 21:44 WITA

Kajari Mewarning Untuk Tidak Terima Gratifikasi

Aning Terancam Hukuman Mati

17 Mei 2024 - 02:37 WITA

Nama Usaha Dicemarkan, Andy Samad Lapor Polisi

7 Mei 2024 - 18:18 WITA

Kajari Elwin Khahar Hadiri Pembukaan Pasar Senggol Kotamobagu

1 April 2024 - 19:51 WITA

IAD Daerah Kotamobagu Gelar Baksos dan Berbagi Takjil di Bulan Ramadhan

1 April 2024 - 18:53 WITA

Trending di Kanal Hukum dan Kriminal