Menu

Mode Gelap
Breaking News: Kantor Dinsos Bolmong Digeledah Menjelang hari Lebaran, 1 Terpidana Korupsi, Dieksekusi oleh Kejari Kotamobagu Seriusi Dugaan Korupsi di RSUD Datoe Binangkang, Dirut Enggan Bicara Si Jago Merah Ludeskan Mapolres Kotamobagu Lakalantas di Kaidipang, 1 Tewas 3 Luka-Luka

Kanal Hukum dan Kriminal · 16 Mei 2023 10:05 WITA

Kejaksaan Beri Pendampingan Hukum Proyek Strategis Daerah


 Kejaksaan Beri Pendampingan Hukum Proyek Strategis Daerah Perbesar

KANAL HUKRIM — Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotamobagu memberikan pendampingan terhadap proyek strategis daerah guna membantu pengerjaan proyek tersebut tidak bermasalah dengan hukum.

Kepala Seksi Intelejen Meidy Wensen, mengatakan ada sejumlah proyek strategis daerah yang didampingi di antaranya jalan Zakaria Imba (lanjutan), Motoboi-Bungko serta beberapa kegiatan pembangunan lainnya yang dianggap penting. “Pendampingan ini untuk mencegah pelaksanaan proyek strategis nasional tersebut agar tidak bermasalah dengan hukum serta mencegah terjadinya keterlambatan penyelesaian pekerjaan,” kata mantan Kasie Pidus Enrengkang.

Lebih lanjut Meidy mengatakan sifat utama sebuah pendampingan kegiatan pemerintah adalah untuk mencegah agar dalam pelaksanaannya tidak bermasalah dengan hukum. Selain itu, juga memberikan pendapat dan saran apabila terjadi sesuatu permasalahan.

Dalam hal pendampingan terhadap proyek-proyek strategis tersebut, kata Meidy,  tim yang turun terus berkoordinasi dengan pihak pelaksana, bermusyawarah dengan mereka serta memberikan pendapat hukum.

Meidy mengatakan beberapa persoalan yang dominan dalam memberikan pendampingan adalah pembebasan lahan atau persoalan yang berkaitan dengan hal hal menyangkut volume serta bahan yang harus sesuai perencanaan yang ada. Terkait persoalan pembebasan lahan perlu untuk diperhatikan. “Persoalan dominan adalah pembebasan lahan. Penyelesaian masalah ini memang sedikit rumit, namun kami tetap memberikan saran agar penyelesaiannya berdasarkan peraturan perundangan-undangan yang berlaku dan tidak ada pihak yang dirugikan,” katanya.

Meski dirinya bersyukur untuk khusus di Kotamobagu sudah banyak masyarakat yang berperan aktif memberikan secara ikhlas beberapa meter tanah mereka untuk dibangun jalan. “Kami bersyukur fakta yang kami dapat hal hal terkaut lahan tidak ada masalah,” ujar Meidy.

Menurut Meidy, pendampingan tersebut merupakan upaya kejaksaan mencegah terjadinya tindak pidana korupsi, sehingga pembangunan yang dilaksanakan pemerintah berjalan sesuai yang direncanakan. “Kami terus melakukan langkah-langkah pencegahan agar jangan sampai kegiatan pemerintah menimbulkan tindak pidana korupsi. Jika ini terjadi, yang rugi tidak hanya pemerintah, tetapi juga masyarakat karena tidak bisa menikmati hasil pembangunan,” kata dia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kotamobagu Claudy Mokodongan melalui kabid Binamarga Haris A Momintan, bersyukur atas bantuan serta pendampingan ini. “Ini sangat membantu kami terhadap pekerjaan pekerjaan yang ada di lapangan,” ujarnya(arm)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Kejari dan Polres Kotamobagu Bangun Sinergitas

17 Juli 2024 - 20:25 WITA

Kasasi Jimmy Tambanua Ditolak, Mahkamah Agung Jatuhkan Pidana Hukuman Mati

4 Juli 2024 - 15:35 WITA

Beredar Pesan WA Bernada Ancaman, Kajari Elwin Khahar Tegaskan Hal Ini

18 Mei 2024 - 21:44 WITA

Kajari Mewarning Untuk Tidak Terima Gratifikasi

Aning Terancam Hukuman Mati

17 Mei 2024 - 02:37 WITA

Nama Usaha Dicemarkan, Andy Samad Lapor Polisi

7 Mei 2024 - 18:18 WITA

Kajari Elwin Khahar Hadiri Pembukaan Pasar Senggol Kotamobagu

1 April 2024 - 19:51 WITA

Trending di Kanal Hukum dan Kriminal