Menu

Mode Gelap
Breaking News: Kantor Dinsos Bolmong Digeledah Menjelang hari Lebaran, 1 Terpidana Korupsi, Dieksekusi oleh Kejari Kotamobagu Seriusi Dugaan Korupsi di RSUD Datoe Binangkang, Dirut Enggan Bicara Si Jago Merah Ludeskan Mapolres Kotamobagu Lakalantas di Kaidipang, 1 Tewas 3 Luka-Luka

Kanal Hukum dan Kriminal · 23 Nov 2023 20:30 WITA

BREAKING NEWS : MNA Alias Lam Jadi “Tumbal” Kasus Kesra Bolmong


 BREAKING NEWS : MNA Alias Lam Jadi “Tumbal” Kasus Kesra Bolmong Perbesar

KANAL HUKRIM — Jaksa Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotamobagu menetapkan sekaligus menahan tersangka MNA alias Lam Bendahara Pengeluaran Sekertariat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), dengan Nomor : PRINT – 2007/P.1.12/Fd.1/11/2023 untuk penetapan tersangka dan Nomor : 2018/P.1.12/Fd.1/11/2023 untuk penahanan tersangka, dalam perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi Insentif Pemuka Agama Kabupaten Bolmong Tahun 2021.

Sebelum dilakukan penahanan, tersangka MNA alias Lam telah menjalani pemeriksaan oleh Penyidik Pidsus Kejari Kotamobagu. Hasil dari pemeriksaan tersebut menunjukkan bahwa tersangka memiliki keterlibatan dalam dugaan kasus tersebut.

Setelah pemeriksaan oleh Jaksa Penyidik, tersangka MNA alias Lam juga menjalani pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dari Klinik Kejari Kotamobagu.

Penahanan tersangka ini merupakan hasil pengembangan dari proses penyidikan yang dilakukan setelah ditemukan cukup alat bukti terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi insentif pemuka agama Bolmong tahun 2021.

Kemudian, sebagaimana disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Elwin Agustian Khahar, S.H.,M.H melalui Kasi Pidana Khusus Chairul Firdaus Mokoginta, SH bahwa penahanan tersebut guna mempercepat proses penyidikan.

“Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan terhadap MNA alias Lam, maka jaksa melakukan penahanan terhadap yang bersangkutan di Rumah Tahanan Kelas IIB Kotamobagu, dikarenakan tersangka dikhawatirkan melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti dan atau mengulangi tindak pidana, sehingga penyidik melakukan penahanan,” jelas Kasi Pidsus.

Diketahui, anggaran insentif pemuka agama Bolmong 2021 Rp 3.9 Miliar. Dan diperkirakan untuk kerugian negara berkisar Rp 500 juta lebih untuk data sementara. Namun, angka kerugian tersebut bisa saja berubah sesuai dengan hasil pemeriksaan selanjutnya. (san)

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Beredar Pesan WA Bernada Ancaman, Kajari Elwin Khahar Tegaskan Hal Ini

18 Mei 2024 - 21:44 WITA

Kajari Mewarning Untuk Tidak Terima Gratifikasi

Aning Terancam Hukuman Mati

17 Mei 2024 - 02:37 WITA

Nama Usaha Dicemarkan, Andy Samad Lapor Polisi

7 Mei 2024 - 18:18 WITA

Kajari Elwin Khahar Hadiri Pembukaan Pasar Senggol Kotamobagu

1 April 2024 - 19:51 WITA

IAD Daerah Kotamobagu Gelar Baksos dan Berbagi Takjil di Bulan Ramadhan

1 April 2024 - 18:53 WITA

LAKRI Dukung Langkah Kejaksaan Tuntaskan Perkara Yang Menyeret Oknum Ketua KPU Boltim

29 Maret 2024 - 21:50 WITA

Trending di Kanal Hukum dan Kriminal