Menu

Mode Gelap
Breaking News: Kantor Dinsos Bolmong Digeledah Menjelang hari Lebaran, 1 Terpidana Korupsi, Dieksekusi oleh Kejari Kotamobagu Seriusi Dugaan Korupsi di RSUD Datoe Binangkang, Dirut Enggan Bicara Si Jago Merah Ludeskan Mapolres Kotamobagu Lakalantas di Kaidipang, 1 Tewas 3 Luka-Luka

Kanal Boltim · 13 Agu 2022 10:50 WITA

Usai Cibodas, Giliran Desa Cibiru Sasaran Studi Tiru 34 Sangadi Boltim


 Usai Cibodas, Giliran Desa Cibiru Sasaran Studi Tiru 34 Sangadi Boltim Perbesar

KANAL BOLTIM – Studi komparasi atau studi tiru 34 Sangadi (Kepala desa,red) Boltim ke Kabupaten Bandung, Jawa Barat berlanjut.

Usai belajar pengelolaan Bumdes di Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, giliran Desa Desa Cibiru, Kecamatan Cileunyi dikunjungi rombongan guna mempelajari pengelolaan Desa Digital.

Rombongan yang dipimpin Asisten I Pemkab Boltim Priyamos ini, diterima langsung Kepala Desa Cibiru Hadian Supriatna SP, bersama jajaran pada Jumat 12 Agustus 2022.

Dalam studi ini para Sangadi mendengarkan pemaparan tentang pengelolaan desa dengan sistem digital sekaligus berkesempatan melihat langsung cara pengoperasian sistem yang dikelola perangkat desa dan tenaga pengelola di Desa Cibiru.

Lewat pemaparannya, Hadian Supriatna SP, menyampaikan, bahwa sistem digital melalui aplikasi Simpel Desa mempermudah dalam segala pelayanan baik administrasi pemerintahan, kependudukan, maupun perputaran ekonomi desa melalui jual-beli hasil kerajinan UMKM.

Dimana kata dia, produk atau barang dagang masyarakat seperti makanan dan lain-lain, bisa diposting dalam aplikasi dan dilihat oleh semua masyarakat yang siap membeli yang tentunya telah menggunakan (mendownload) aplikasi Simpel Desa.

“Aplikasi ini hampir sama seperti facebook namun hanya skala lokal. Khusus untuk fitur jual-beli sebagai penggerak ekonomi masyarakat, Pemdes melibatkan mitra Bumdes sebagai pengelola. Jadi Bumdes juga bisa ada pendapatan sebagai penyokong PAD. Aplikasi Simpel Desa yang digunakan bisa didownload lewat playstore oleh masyarakat,” ujar Hadian.

Lanjutnya, ada 8 platform yang digunakan Desa Cibiru termasuk aplikasi Simpel Desa yang bisa digunakan untuk interaksi antara warga dan pemdes dalam pelayanan pemerintahan, keamanan lingkungan dan ekonomi.

“Selain itu, Desa Cibiru juga menggunakan Radio Desa dan Podcas yang dikelola oleh beberapa tenaga pengelola yang direkrut khusus,” pungkasnya.

Usai dialog interaktif, Pemdes Cibiru dan Para Sangadi juga memperagakan tarian budaya masing-masing daerah. untuk Boltim memperagakan tarian Dana-Dana. (arm)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pemkab Boltim Ikuti Verifikasi Lapangan Hybird Kabupaten Layak Anak Tahun 2023 dilaksanakan Secara Virtual

31 Mei 2023 - 18:33 WITA

Kabupaten Layak Anak

Rahman Hulalata Wakili Bupati Hadiri Pelantikan BKMT Boltim

7 Februari 2023 - 18:42 WITA

Bupati Sachrul Minta OPD Kooperatif Saat Pemeriksaan BPK

6 Februari 2023 - 18:30 WITA

Pasar Murah SPHP Akan Digelar di Kecamatan Kotabunan

6 Februari 2023 - 18:27 WITA

Bupati Boltim Terima Gelar Datung Banua Saat Hadiri Upacara Adat Tulude

4 Februari 2023 - 08:37 WITA

Upacara Adat Tulude Desa Jiko Belanga Sukses Digelar

3 Februari 2023 - 22:35 WITA

Trending di Kanal Boltim