Menu

Mode Gelap
Breaking News: Kantor Dinsos Bolmong Digeledah Menjelang hari Lebaran, 1 Terpidana Korupsi, Dieksekusi oleh Kejari Kotamobagu Seriusi Dugaan Korupsi di RSUD Datoe Binangkang, Dirut Enggan Bicara Si Jago Merah Ludeskan Mapolres Kotamobagu Lakalantas di Kaidipang, 1 Tewas 3 Luka-Luka

Kanal Boltim · 3 Feb 2023 22:35 WITA

Upacara Adat Tulude Desa Jiko Belanga Sukses Digelar


 Upacara Adat Tulude Desa Jiko Belanga Sukses Digelar Perbesar

Kanal Boltim — Upacara adat Tulude pemerintah dan masyarakat etnis Nusa Utara di Desa Jikobelanga, Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara sukses diselenggarakan, Jumat 3 Februari 2023.

Kegiatan yang dipusatkan di lapangan desa setempat dihadiri langsung Bupati Sam Sachrul Mamonto beserta unsur Forkopimda dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim.

Dalam sambutannya Sachrul menyampaikan, bahwa Tulude merupakan acara adat dan tradisi yang harus terus dijaga kelestariannya.

“Tentunya harus dilestarikan, sebab itu adalah warisan dari nenek moyang kita sejak tahun 1600 tahun yang lalu,” ujarnya.

Sachrul pun menyebutkan, banyak pesan yang terkandung dalam pelaksanaan acara Tulude. Mulai adat dan budaya, religi hingga sebagai wadah pemersatu.

”Poin saya petik, dengan memotong kue tamo yang sudah dilaksanakan tadi, tentu melambangkan bentuk terima kasih kepada sang pencipta atas berkat yang diberikan. Baik hasil tangkapan ikan maupun hasil perkebunan masyarakat yang ada di Jiko belanga,” tutur Top Eksekutif Boltim ini.

Di kesempatan yang sama, Suprianto selaku Sangadi (Kepala desa, red) Jiko Belanga menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan bupati untuk menghadiri langsung acara adat Tulude di desa yang dipimpinnya.

“Terima kasih atas kehadiran pak bupati dan rombongan di desa kami. Tentu, selaku pemerintah dan masyarakat desa kami mendukung seluruh program pak bupati, sebab Tulude hari ini merupakan wadah pemersatu demi kehidupan bersama,” ucapnya.

Sebagai adat kebiasaan suku sanger, dalam upacara adat ini juga dilakukan prosesi pemotongan Kue Tamo. Hal ini merupakan simbol ungkapan syukur masyarakat adat etnis sangihe kepada sang pencipta atas rezeki yang diberikan selama setahun. (tr1)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pemkab Boltim Ikuti Verifikasi Lapangan Hybird Kabupaten Layak Anak Tahun 2023 dilaksanakan Secara Virtual

31 Mei 2023 - 18:33 WITA

Kabupaten Layak Anak

Rahman Hulalata Wakili Bupati Hadiri Pelantikan BKMT Boltim

7 Februari 2023 - 18:42 WITA

Bupati Sachrul Minta OPD Kooperatif Saat Pemeriksaan BPK

6 Februari 2023 - 18:30 WITA

Pasar Murah SPHP Akan Digelar di Kecamatan Kotabunan

6 Februari 2023 - 18:27 WITA

Bupati Boltim Terima Gelar Datung Banua Saat Hadiri Upacara Adat Tulude

4 Februari 2023 - 08:37 WITA

DKP Boltim Kembali Gelar Pasar Murah, Kali Ini di Kecamatan Modayag

3 Februari 2023 - 16:23 WITA

Trending di Kanal Boltim