Menu

Mode Gelap

Spektakuler, Java Culture Fest 2020 Dibanjiri Puluhan Ribu Masyarakat

Editor:
Senin, 20 Juni 2022, 21:54 WITA

Spektakuler, Java Culture Fest 2020 Dibanjiri Puluhan Ribu MasyarakatPerbesar

KANAL BOLTIM – Java Culture Fest atau Festival Budaya Jawa yang diselenggarakan di Lapangan Arjuna Desa Purworejo, Kecamatan Modayag berlangsung spektakuler, Minggu 19 Juni 2022.

Berbagai pertunjukan seni budaya yang ditampilkan pada momen tahunan ini seakan menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat untuk datang langsung menyaksikan.

Tak hanya masyarakat Boltim, banyak masyarakat dari luar daerah yang datang untuk menyaksikan kemeriahan Java Culture Fest yang tahun ini dilaksanakan serentak masyarakat etnis jawa di Desa Liberia dan Purworejo Bersatu.

Pantauan media, puluhan ribu masyarakat tumpah ruah di Lapangan Arjuna Purworejo, lokasi pelaksanaan puncak kegiatan, hingga bisa dipastikan festival Adat budaya tersebut, merupakan pagelaran terbesar yang pernah terlaksana di Bolmong Raya.

Hal ini tentu turut mendukung program kepariwisataan di Timur Totabuan yang saat ini terus digelorakan pemerintah daerah dibawah kepemimpinan Bupati Sam Sachrul Mamonto S.Sos M.Si.

Dimana, selain dianugerahi kekayaan alam berupa destinasi wisata yang mempesona, Kabupaten Boltim juga kaya akan keberagaman adat dan budaya sehingga menambah daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung.

Menurut Bupati Sam Sachrul.  Mamonto, Kabupaten Boltim layaknya miniatur Indonesia. Sebab, selain kaya akan keindahan alam, Boltim juga memiliki keberagaman adat dan budaya.

“Sejatinya budaya di Boltim begitu banyak, tidak hanya budaya Mongondow saja, tetapi sudah ada budaya Jawa, Minahasa, Bugis, Arab dan budaya Sangihe yang juga sering melaksanakan acara adat, sehingga menurut saya daerah ini adalah miniaturnya Indonesia. Untuk itu, keberagaman adat dan budaya di Kabupaten Boltim harus terus dilestarikan,” ujar Sachrul.

Kemeriahan acara berlanjut hingga malam hari dengan penampilan lagu-lagu koplo jawa yang dibawakan band lokal.

Adapun pertunjukan yang ditampilkan dalam Festival Budaya Jawa ini, diantaranya karnaval, penampilan berbagai seni dan budaya serta ragam kuliner khas jawa. (arm)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Berita Lainnya

Pemkab Boltim Ikuti Verifikasi Lapangan Hybird Kabupaten Layak Anak Tahun 2023 dilaksanakan Secara Virtual

31 Mei 2023 - 18:33 WITA

Kabupaten Layak Anak

Rahman Hulalata Wakili Bupati Hadiri Pelantikan BKMT Boltim

7 Februari 2023 - 18:42 WITA

Bupati Sachrul Minta OPD Kooperatif Saat Pemeriksaan BPK

6 Februari 2023 - 18:30 WITA

Pasar Murah SPHP Akan Digelar di Kecamatan Kotabunan

6 Februari 2023 - 18:27 WITA

Bupati Boltim Terima Gelar Datung Banua Saat Hadiri Upacara Adat Tulude

4 Februari 2023 - 08:37 WITA

Upacara Adat Tulude Desa Jiko Belanga Sukses Digelar

3 Februari 2023 - 22:35 WITA

Trending diKanal Boltim