Menu

Mode Gelap
Breaking News: Kantor Dinsos Bolmong Digeledah Menjelang hari Lebaran, 1 Terpidana Korupsi, Dieksekusi oleh Kejari Kotamobagu Seriusi Dugaan Korupsi di RSUD Datoe Binangkang, Dirut Enggan Bicara Si Jago Merah Ludeskan Mapolres Kotamobagu Lakalantas di Kaidipang, 1 Tewas 3 Luka-Luka

Kanal Boltim · 28 Jun 2022 13:20 WITA

DPMD Boltim Fasilitasi Penginputan dan Update Data Profil Desa


 DPMD Boltim Fasilitasi Penginputan dan Update Data Profil Desa Perbesar

KANAL BOLTIM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) lakukan pendampingan penginputan sekaligus update data profil desa.

Kegiatan yang digelar di Kantor Kecamatan Modayag, Senin 27 Juni 2022 tersebut, dihadiri Kepala DPMD Hendra Tangel, Camat Modayag Asral Mamonto serta unsur Pemerintah Desa.

Menurut Hendra Tangel, profil desa sangat penting demi kemajuan desa. Dimana, hal tersebut sudah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan.

“Dalam Permendagri tersebut juga diatur mekanisme penyusunannya. Di dalam profil desa terdapat data-data informasi tentang kondisi desa, diantaranya data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, sarana prasarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang ada di desa,” terang Hendra.

Masih kata Hendra, bahwa pendampingan DPMD terkait penginputan sekaligus update data profil desa berlangsung di semua desa dan pelaksanaannya dipusatkan di tiap kecamatan.

“Selama kurang lebih 6 tahun ini, Kabupaten Boltim menempati urutan ke 15 dalam penginputan profil desa dan hanya mencapai 6,8 persen, sehingga untuk tahun ini kita berusaha untuk memperbaiki itu,” ujarnya.

Lebih lanjut tambah Hendra, hingga saat ini sudah ada sejumlah desa yang didampingi pihaknya untuk proses penginputan profil desa dengan capaian persentase berada pada angka 38 persen.

“Profil desa sangat penting untuk pengembangan desa sebagai data dasar yang dibutuhkan dalam proses penyusunan rencana pembangunan desa,” pungkasnya. (arm)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pemkab Boltim Ikuti Verifikasi Lapangan Hybird Kabupaten Layak Anak Tahun 2023 dilaksanakan Secara Virtual

31 Mei 2023 - 18:33 WITA

Kabupaten Layak Anak

Rahman Hulalata Wakili Bupati Hadiri Pelantikan BKMT Boltim

7 Februari 2023 - 18:42 WITA

Bupati Sachrul Minta OPD Kooperatif Saat Pemeriksaan BPK

6 Februari 2023 - 18:30 WITA

Pasar Murah SPHP Akan Digelar di Kecamatan Kotabunan

6 Februari 2023 - 18:27 WITA

Bupati Boltim Terima Gelar Datung Banua Saat Hadiri Upacara Adat Tulude

4 Februari 2023 - 08:37 WITA

Upacara Adat Tulude Desa Jiko Belanga Sukses Digelar

3 Februari 2023 - 22:35 WITA

Trending di Kanal Boltim