Menu

Mode Gelap
Breaking News: Kantor Dinsos Bolmong Digeledah Menjelang hari Lebaran, 1 Terpidana Korupsi, Dieksekusi oleh Kejari Kotamobagu Seriusi Dugaan Korupsi di RSUD Datoe Binangkang, Dirut Enggan Bicara Si Jago Merah Ludeskan Mapolres Kotamobagu Lakalantas di Kaidipang, 1 Tewas 3 Luka-Luka

Kanal Boltim · 12 Apr 2022 18:22 WITA

Dinkes Boltim Temukan Produk Kadaluarsa Saat Lakukan Pengawasan


 Dinkes Boltim Temukan Produk Kadaluarsa Saat Lakukan Pengawasan Perbesar

KANAL KOTAMOBAGU – Pemda Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan pengawasan makanan dan minuman di sejumlah toko waralaba.

Dalam pengawasan tersebut, Dinkes menemukan produk makanan kedaluwarsa di salah satu toko waralaba di Kecamatan Kotabunan, pada pekan lalu.

Temuan tersebut dibenarkan Kepala Dinkes Boltim, Saifuddin Gobel. Menurutnya temuan makanan kadaluarsa tersebut ditemukan di Toko Waralaba di Desa Buyat.

“Iya benar ada produk kadaluwarsa, dan langsung kita ingatkan untuk tidak diperjualbelikan,” kata Saifudin, Selasa 12 April 2022.

Selain di toko waralaba Dinkes juga melakukan pengawasan di sejumlah kantin ramadhan yang menjual makanan takjil.

Pengawasan tersebut kata dia merupakan rutinitas setiap tahun Dinas Kesehatan turun ke lapangan memeriksa produk makanan dan minuman yang beredar di masyarakat.

“Kalau makanan takjil tidak ditemukan bahan yang berbahaya, semuanya layak konsumsi, begitu juga dengan air bersih atau air mineral,” ungkapnya.

Masih kata Saifudin, untuk mengukur layak atau tidaknya sebuah makanan dikonsumsi, pihaknya menggunakan alat Sanitarian Kit.

“Alat tersebut tidak bisa mengeluarkan rekomendasi namun hanya sebagai alat pengukur makanan dan minuman saja,” terangnya.

Selain di Kecamatan Kotabunan dan Kecamatan Tutuyan tambahnya, pihaknya juga berencana akan melakukan pengawasan di wilayah Modayag bersatu.

“Semua wilayah akan kita periksa, pekan kemarin di wilayah Puskesmas Kotabunan, Buyat dan Tutuyan, pekan depan akan turun di wilayah Modayag,” pungkasnya. (man)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pemkab Boltim Ikuti Verifikasi Lapangan Hybird Kabupaten Layak Anak Tahun 2023 dilaksanakan Secara Virtual

31 Mei 2023 - 18:33 WITA

Kabupaten Layak Anak

Rahman Hulalata Wakili Bupati Hadiri Pelantikan BKMT Boltim

7 Februari 2023 - 18:42 WITA

Bupati Sachrul Minta OPD Kooperatif Saat Pemeriksaan BPK

6 Februari 2023 - 18:30 WITA

Pasar Murah SPHP Akan Digelar di Kecamatan Kotabunan

6 Februari 2023 - 18:27 WITA

Bupati Boltim Terima Gelar Datung Banua Saat Hadiri Upacara Adat Tulude

4 Februari 2023 - 08:37 WITA

Upacara Adat Tulude Desa Jiko Belanga Sukses Digelar

3 Februari 2023 - 22:35 WITA

Trending di Kanal Boltim