Menu

Mode Gelap
Breaking News: Kantor Dinsos Bolmong Digeledah Menjelang hari Lebaran, 1 Terpidana Korupsi, Dieksekusi oleh Kejari Kotamobagu Seriusi Dugaan Korupsi di RSUD Datoe Binangkang, Dirut Enggan Bicara Si Jago Merah Ludeskan Mapolres Kotamobagu Lakalantas di Kaidipang, 1 Tewas 3 Luka-Luka

Kanal Boltim · 12 Jul 2022 22:09 WITA

Bupati Sam Sachrul Mamonto Hadiri Sosialisasi Pengawasan SPI Tahun 2022


 Bupati Sam Sachrul Mamonto Hadiri Sosialisasi Pengawasan SPI Tahun 2022 Perbesar

KANAL BOLTIM – Bupati Sam Sachrul Mamonto menghadiri kegiatan sosialisasi terkait Pengawasan Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2022 di lingkup Pemkab Boltim.

Kegiatan yang diinisiasi Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK-RI) tersebut, dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Boltim, Selasa 12 Juli 2022.

Lewat sambutannya Sachrul menyampaikan, bahwa survei penilaian integritas berbasis elektronik tersebut, ditujukan ke kementrian, lembaga dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia termasuk Pemkab Boltim.

“Tujuannya untuk memberikan peta resiko korupsi dan saran pencegahan secara spesifik kepada pemerintah daerah. Untuk itu, Pemkab Boltim menyambut baik pelaksanaan survei penilaian integritas sebagai salah satu upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi,” kata Sachrul.

Disebutkan, untuk Kabupaten Boltim sendiri, survei penilaian integritas telah dilakukan sebanyak dua kali. Dimana, pada tahun 2021 indeks SPI rata-rata nasional berada di angka 72,4 sementara itu Kabupaten Boltim mendapat skor 78,7.

“Ini artinya nilai indeks SPI Boltim berada di atas rata nasional. Meski demikian, dari laporan hasil SPI 2021 yang menghasilkan penilaian untuk berbagai dimensi integritas terdapat temuan dan rekomendasi untuk bahan perbaikan bagi Pemkab Boltim,” ungkapnya.

Untuk itu, Sachrul pun menegaskan kepada seluruh kepala OPD, agar bersikap proaktif dan intens dalam melakukan sosialisasi anti korupsi kepada ASN dan masyarakat yang dilayani di instansi masing-masing serta dapat mensosialisasikan pelaksanaan kegiatan SPI tahun 2022.

“Pimpinan SKPD agar dapat mengimbau kepada ASN dan layanan eksternal untuk segera mengisi kuesioner SPI jika telah mendapatkan pesan baik email ataupun WhatsApp,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Kerja KPK Direktorat Monitoring dan Pencegahan, Mochamad Agung Sasongko mengungkapkan bahwa sejauh ini pihaknya tidak menemui temuan besar saat pemeriksaan.

“Semua sesuai prosedur. Tidak ada temuan fatal dalam pemeriksaan kami. Hanya ada beberapa yang harus dilengkapi saja,” sebut Sasongko.

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati Oscar Manoppo, Sekda Sonny Warokka, para Asisten dan seluruh Pimpinan OPD di lingkup Pemkab Boltim. (arm)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pemkab Boltim Ikuti Verifikasi Lapangan Hybird Kabupaten Layak Anak Tahun 2023 dilaksanakan Secara Virtual

31 Mei 2023 - 18:33 WITA

Kabupaten Layak Anak

Rahman Hulalata Wakili Bupati Hadiri Pelantikan BKMT Boltim

7 Februari 2023 - 18:42 WITA

Bupati Sachrul Minta OPD Kooperatif Saat Pemeriksaan BPK

6 Februari 2023 - 18:30 WITA

Pasar Murah SPHP Akan Digelar di Kecamatan Kotabunan

6 Februari 2023 - 18:27 WITA

Bupati Boltim Terima Gelar Datung Banua Saat Hadiri Upacara Adat Tulude

4 Februari 2023 - 08:37 WITA

Upacara Adat Tulude Desa Jiko Belanga Sukses Digelar

3 Februari 2023 - 22:35 WITA

Trending di Kanal Boltim