Menu

Mode Gelap
Breaking News: Kantor Dinsos Bolmong Digeledah Menjelang hari Lebaran, 1 Terpidana Korupsi, Dieksekusi oleh Kejari Kotamobagu Seriusi Dugaan Korupsi di RSUD Datoe Binangkang, Dirut Enggan Bicara Si Jago Merah Ludeskan Mapolres Kotamobagu Lakalantas di Kaidipang, 1 Tewas 3 Luka-Luka

Kanal Bolsel · 21 Mar 2024 22:01 WITA

Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru, Hadiri Diskusi Budaya Hari Jadi Bolaang Ukip


 Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru, Hadiri Diskusi Budaya Hari Jadi Bolaang Ukip Perbesar

KANAL BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan H Iskandar Kamaru,S.Pt,M.Si menghadiri undangan Diskusi Budaya dengan tema “Kapan HUT Bolaang Uki?” yang diselenggarakan oleh Panitia Molibagu Ramadhan Fest dan Grup ASN Bolaang Uki, di Alun-alun Molibagu, Kamis (21/03/2024).

Dalam penyampaiannya Bupati menegaskan Kerisauannya tentang Hari Jadi Bolaang Uki yang tidak pernah dilaksanakan, Padahal Bolaang Uki merupakan salah satu eks swapraja di Bolaang Mongondow Raya yang telah terbukti eksistensinya dan melahirkan Kecamatan Bolaang Uki dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Penetapan hari jadi merupakan hal yang penting sebagai upaya pelestarian Sejarah dan pengingat bagi generasi yang akan datang, serta menumbuhkan nilai historis.

Kegiatan ini digagas oleh Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru S.Pt, M.Si  pada pembukaan Molibagu Ramadhan Fest awal puasa lalu.

“Bolaang Uki merupakan Eks swapraja, sehingga saya merasa peringatan hari jadinya patut diperingati, tapi melalui kajian historis dan disepakati oleh Tokoh masyarakat,” ujar Iskandar yang merupakan inisiator acara ini.

“nanti dibuat saja Tim Sebelas yang akan bertugas merumuskan dan menetapkan hari jadi Bolaang Uki, tim ini terdiri dari Sejarawan, Pemerintah,Masyarakat dan generasi Muda,” tutupnya.

Dalam acara yang dimoderatori oleh Wahyudin Kadullah ini juga menghadirkan Sejarawan Murdiono Mokoginta,M.Hum.

Ia menjelaskan bahwa penetapan hari jadi Bolaang Uki harus disepakati oleh masyarakat Bolaang Uki itu sendiri, ia sebagai sejarawan hanya mampu memberikan legitimasi melalui kajian historis dan tentunya lewat bukti dokumen pendukung.

“Saya sebagai sejarawan punya pandangan yang bisa dilihat dari dokumen-dokumen pendukung sebagai legitimasi bagi masyarakat Bolaang Uki untuk menetapkan kapan hari jadinya, tapi penetapan sepenuhnya hak masyarakat Bolaang Uki melalui musyawarah nantinya,” jelasnya.

Acara ini diawali dengan  Bagi-bagi takjil, kemudian buka puasa bersama, kemudian pemberian santunan secara simbolis kepada anak yatim, dan ditutup dengan diskusi budaya.

Kegiatan ini terselenggaran berkat dukungan dari Grup ASN Bolaang Uki dan Panitia Molibagu Ramadhan Fest 1445 H. (arm)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Pemkab Bolsel Berhasil Raih WTP Ke-10 Berturut-turut

3 Mei 2024 - 22:27 WITA

Pemkab Bolsel Gelar Sosialisasi SPIP Demi Perkuat Sistem Pengendalian

2 Mei 2024 - 15:24 WITA

Bupati Iskandar Kamaru Jadi Irup Peringatan Hardiknas, Sampaikan Terima Kasih Kepada Para Guru

2 Mei 2024 - 11:20 WITA

Sekda Bolsel Hadiri Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan Musrenbang RKPD Sulut 2025

24 April 2024 - 22:28 WITA

Bupati Iskandar Kamaru Pimpin Apel Perdana ASN Bolsel

16 April 2024 - 16:00 WITA

Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru Serahkan SK 290 PPPK 2023

5 April 2024 - 17:51 WITA

Trending di Kanal Bolsel