Menu

Mode Gelap
Breaking News: Kantor Dinsos Bolmong Digeledah Menjelang hari Lebaran, 1 Terpidana Korupsi, Dieksekusi oleh Kejari Kotamobagu Seriusi Dugaan Korupsi di RSUD Datoe Binangkang, Dirut Enggan Bicara Si Jago Merah Ludeskan Mapolres Kotamobagu Lakalantas di Kaidipang, 1 Tewas 3 Luka-Luka

Advertorial · 10 Nov 2023 16:02 WITA

Peringati Hari Pahlawan, Bupati Limi Mokodompit Gelar Tabur Bunga


 Peringati Hari Pahlawan, Bupati Limi Mokodompit Gelar Tabur Bunga Perbesar

KANALKOTA.com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar upacara memperingati Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023, bertempat di lapangan upacara, Kantor Bupati Bolmong, Jumat 10 November 2023.

Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara tersebut.

Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023 ini, mengangkat tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Limi dalam sambutannya membacakan amanat Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, tema tersebut diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara.

Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945.

“Tidak mudah memang, tapi pasti bisa, Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan, nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan,” kata Limi.

Pahlawan kata Limi adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

“Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa, kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah, sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi, dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” terangnya.

Dengan hanya berbekal bambu runcing, para pahlawan dalam pertempuran 10 November menghadapi musuh yang merupakan pemenang dengan persenjataan terbaiknya.

Limi mengatakan, semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok Negeri.

Semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945, semangat yang membawa masyarakat menolak kalah dan menyerah pada keadaan, bersatu dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur, serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, dan mewujudkan masa depan yang lebih baik.

“Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju dan semakin sejahtera,” tutupnya

Perlu diketahui, pantauan media ini, upacara peringatan hari Pahlawan berlangsung sukses. Selanjutnya Bupati Limi bersama jajaran juga turut melakukan prosesi pelarungan bunga di pelabuhan Desa Labuan Uki, untuk menghormati jasa para pahlawan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, para Kepala OPD, Asisten, Camat, unsur Forkopimda dan seluruh ASN lingkup Pemkab Bolmong.(Advetorial)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Terkait Layanan Publik, Pemkab Bolmong Lakukan Evaluasi

10 Juli 2024 - 19:09 WITA

Bencana Banjir Dumoga, BNPB dan Pemkab Bolmong Beri Perhatian Khusus

29 Juni 2024 - 18:00 WITA

Pj Bupati Jusnan Paparkan Desa Doloduo ke Tim Panitia

25 Juni 2024 - 18:27 WITA

Pj Bupati Jusnan Terima Kunjungan Danrem 131 Santiago

24 Juni 2024 - 18:32 WITA

Bupati Bolsel Hadiri Paripurna Penetapan Ranperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2023

11 Juni 2024 - 21:28 WITA

Pj Bupati Bolmong dr Jusnan Hadiri Pembukaan MTQ Ke-30 Provinsi Sulawesi Utara di Kotamobagu

10 Juni 2024 - 18:37 WITA

Trending di Kanal Bolmong